Jumat, 12 Juni 2009

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM


LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM

Beberapa langkah yang harus di perhatikan oleh pemogram sebelum mengimplementasikan suatu permasalahan dalam program adalah :

1.mendefinisikan masalah 2.mencari solusi untuk masalah 3.memilih teknik pemecahan masalah dan algoritma 4.menulis program 5.melakukan testing dan debugging 6.melakukan dokumentasi 7.melakukan pemeliharaan

Mendefinisikan masalah Tujuan dari mendefinisikan masalah adalah untuk memahami masalah secara mendalam .langkah ini harus dengan apa yang akan di input pada program ,perintah perintah apa yang akan di gunakan dan bagaimana bentuk outputnya .jadi harus di pahami benar-benar permasalahan yang ada .salah asumsi tentang masalah yang ada ,akan berakibat program yang di buat tidak sesuai yang di kehendaki.

Mencari solusi untuk masalah Setelah dipahami permasalahan yang ada baik itu masukan atau input ,perintah yang di gunakan atau keluara yagn di inginkan baru di cari jawabanya atau solusinya untuk memecahkan masalah sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan dengan baik ,apabila masalah yang di hadapi terlalu besar kita dapat membagi menjadi beberapa modul yang dapat memudahkan untuk menyelesaikan masalah .modul tersebut dinaman fungsi.

Misalnya ada suatu permasalaha sebagai berikut :buatlah program untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang .dalam hal ini ada beberapa ahal yang diketahui yaitu bagaimana saja yang menjadi input,proses yang diloakukan apa saja dan outputnya apa saja .

Sesuai dengan permasalahan diatas dapat di tentukan :

1. untuk mencari luas dan keliling persegi panjang ,kita harus memahami bentuk persegi panjang itu sendiri ,kemudian dalam persegi panjang ini apa saja yang terkait untuk persegi panjang ini untuk mencarai luas dan keliling harus diketahui panjang dan lebar .2. input yang akan di masukan adalah panjang dan lebar .3. proses atau perintah untuk mencari luasdan keliling persegi panjang adalah dengan rumus :panjang *lebar dan keliling =2*(panjang +lebar)4.output yang hiharapkan adalah luas dan keliling dimana perhitungaaan sudah di tentukan .

Memiliki teknik pemecahan masalah dan algoritma Dalam pemecaha masalah memerlukan suatu teknik pemecahan masalah yang tepat ,dalam hal ini nanti akan di tuangkan dalam suatu algoritma ,algoritma di buat dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah algoritma tidak bisa sekali jadi tetapi akan di kaji berulang –ulan sampai di peroleh algoritma yang tepat ,benar dan relevan .Algoritma harus memiliki kebenaran secara logika sehingga siap di implementasiakan dalam program .

Menulis program ,c++ merupakan pada bahasa pemograman tingkat tinggi contoh program dari masalah luas dan keliling persegi panjang adalah

Melakukan testing dan debugging, testing merupakan proses menjalankan program secara rutin untuk menemukan kesalahan dalam penulisan suatu pernyataan dalam program sedangkan debugging adalah proses menemukan kesalahan dalam program yang di perbaiki sampai tidak muncul kesalahan lagi.sebab sering terjsdi kasus yang berbeda antara satu program dengan program yang lainlangkah menulis program dan melakukan testing dan debugging bisa di lakukan berulang –ulang sampai program berjalam sesuai dengan yang di harapkan .


Melakukan dokumentasi,dokumen ini sangat penting untuk melakukan penelusuran jika terjadi kesalahan dan penting untuk pengembangan program.

Melakukan perawatan, Langkah terakir dalam pembuatan program adalah melakukan perawatan ,hal ini perlu di lakukan karena kemungkinan munculnya kesalahan di luar dugaan atau biasa pengguna meminta fasilitas yang baru dalam program .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar